Misbahuz Zholam Pers Marhalah

UKM Jurnalistik STIT Al - Marhalah Al - 'Ulya

Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

MPM, 17 Maret 2023

Ujian KOMPRE adalah ujian yang dilaksanakan kepada Mahasiswa yang ingin menuju ujian SEMPRO, dan dari ujian SEMPRO menuju ujian yang terakhir, yaitu ujian skripsi.

Untuk lebih jauh mengenal ujian kompre maka kali ini saya melakukan sesi wawancara dengan ibu 𝗬𝘂𝗹𝗶 𝗣𝘂𝗷𝗶𝗮𝗻𝘁𝗶,𝗠.𝗣𝗱 selaku Kaprodi PIAUD

Banyak Mahasiswa/i baik dari prodi PAI dan PIAUD yang melaksanakan sidang KOMPRE. Lalu apa pengertian dari sidang KOMPRE sendiri seperti apa?

       “Ujian Komprehensif merupakan ujian penilaian menyeluruh mengenai penguasaan Mahasiswa terhadap sejumlah mata kuliah yang telah diberikan di dalam program studi yang diikuti, mulai dari mata kuliah semester 1 hingga sampai semester 6.”

Lalu, untuk Pertanyaan pada ujian KOMPRE terdiri dari berapa rumpun dan berapa jumlah pertanyaannya?

       “Pertanyaan-pertanyaan dalam ujian komprehensif diarahkan kepada penguasaan semua mata kuliah yang telah diterima oleh Mahasiswa/i. Adapun Penentuan mata kuliah untuk ujian komprehensif dilakukan oleh program studi. Dan untuk di program studi PIAUD Stit Al-marhalah Al-‘ulya Bekasi, mata kuliah yang diujikan meliputi

1. Penguasaan konsep dasar PAUD, mulai dari landasan yuridis penyelenggaraan PAUD, filosofi dasar keilmuan PAUD, dan model-model penyelenggaraan PAUD.

2. Pemahaman Mahasiswa/i tentang perkembangan anak dan stimulasi perkembangannya.

3. Keilmuan tentang kurikulum PAUD, penyusunan perencanaan pembelajarannya sampai penilaian perkembangan anak.

4. Manajemen penyelenggaraan dan pengelolaan lembaga PAUD.

5. Penguasaan tentang membuat media dan alat permainan untuk anak usia dini.

6. Kemampuan Mahasiswa/i dalam mendiagnosis dan memodifikasi perilaku anak usia dini yang mengalami masalah perkembangan.

 7. Pemahaman tentang seni dan musik untuk anak usia dini.

Selain wawasan keilmuan tentang PAUD, Mahasiswa/i juga akan ditanyakan tentang wawasan keislamannya, karena perguruan kita Stit Al-marhalah Al-‘ulya Bekasi berlandaskan keislaman, maka Mahasiswa/i dituntut untuk menguasai wawasan keislamannya yang meliputi: kemampuan membaca Al-Qur’an, kemampuan menghafal surat-surat pendek minimal juz 30, dan kemampuan tentang hadist-hadist untuk anak usia dini.

Pertanyaan untuk ujian komprehensif di program studi PIAUD sebanyak 15, terdiri dari 13 pertanyaan tentang keilmuan PAUD, dan 2 tentang wawasan keislamannya. Kisi-kisi pertanyaan sudah diberikan kepada Mahasiswa/i yang akan ujian komprehensif. Diharapkan Mahasiswa/i bisa menjawab seluruh pertanyaan tersebut disertai implikasinya dan contoh penerapannya pada lembaga PAUD.”

Secara procedural, apa saja persyaratan bagi Mahasiswa/i yang ingin mengikuti sidang KOMPRE?

       “Ada beberapa persyaratan untuk mengikuti sidang KOMPRE, yaitu:

1. Mahasiswa/i semester 7, lulus semua mata kuliah.

2. Sudah mengikuti kegiatan PPL dan PKM.

3. Mendaftar ujian komprehensif dan mendapat persetujuan dari ketua program studi.

4. Ujian dilaksanakan secara lisan perseorangan.

5. Minimal kelulusan ujian komprehensif adalah C dengan nilai 65.”

Lalu, bagaimana upaya pihak kampus dalam mengantisipasi kesulitan ujian KOMPRE ?

       “Kesulitan yang dihadapi pihak kampus biasanya adalah Mahasiswa/i yang sulit untuk dihubungi dan diminta untuk datang ke kampus mendaftar ujian komprehensif dan menyelesaikan kewajiban administrasinya. Hal tersebut bisa dikarenakan Mahasiswa/i semester 7 sudah hampir menyelesaikan seluruh mata kuliah yang wajib ditempuh, hanya tinggal ujian seminar proposal, dan ujian skripsi. Khusus untuk Mahasiswa/i PIAUD, mungkin karena hampir semua Mahasiswa/i PIAUD sudah bekerja, jadi waktu untuk ke kampus berkurang.

Adapun Antisipasinya, mungkin kalau di PIAUD, saya sebagai ketua program studi yang menghubungi Mahasiswa/i satu persatu untuk segera menyelesaikan studinya dan memberikan motivasi terus kepada Mahasiswa/i, karena manfaat kalau sudah menyelesaikan studi S1 dan mendapatkan ijazah S1 yang linier, maka Mahasiswa/i bisa mengikuti PPG untuk diajukan sertifikasi guru."

Menurut pendapat Ibu. Apa saja perbandingan kualitas dan kesiapan Mahasiswa/i dalam menghadapi ujian KOMPRE antara tahun ini dan tahun sebelumnya?

       “Kegiatan ujian komprehensif di PIAUD STIT Al-Marhalah Al-'Ulya Bekasi baru dilaksanakan dan diberlakukan mulai tahun ini. Untuk angkatan tahun kemarin belum dilaksanakan ujian komprehensif. Dan, Alhamdulillah, tahun ini Mahasiswa/i bisa mengikuti ujian komprehensif ini dengan baik dan lancar dikarenakan sudah ada kisi-kisi ujian komprehensifnya dan juga Mahasiswa/i PIAUD yang hampir semua sudah bekerja sebagai guru PAUD. Hal tersebut menambah pengalaman tentang lapangan mengajar di PAUD dan memudahkan ketika menjawab yang berhubungan dengan implementasinya di sekolah.”

Menurut pendapat Ibu, apakah perlu diadakan seminar untuk ujian KOMPRE, SEMPRO dan Skripsi?

      “Untuk kegiatan seminar Mahasiswa/i, sangat perlu diadakan terutama nanti seminar hasil ujian skripsi, dikarenakan itu akan menjadi point penting dalam pengisian akreditasi program studi, di mana Mahasiswa/i menghasilkan karya berupa artikel yang kemudian di publish di jurnal.”

Dan untuk pertanyaan terakhir, apakah jadwal dosen pengujinya masih sama, antara tahun ini dan tahun sebelumnya, atau alias tidak ada perubahan?

       “Untuk dosen penguji komprehensif langsung diuji oleh dosen-dosen tetap program studi PIAUD STIT Al-Marhalah Al-'Ulya Bekasi. Alhamdulillah, bisa terlaksana dengan baik dan dosen-dosen pun bersedia untuk menjadi penguji komprehensif ini, di antaranya ada saya sendiri Yuli Pujianti, M.Pd, Bu Purwani Kusumawati Wijaya, M.Pd, Pak Edy Mustafa, M.Pd, Bu Wahyuni Nadar, M.Pd.”

Reporter: Shopyan Hadi 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]